Mengenali sekaligus mencegah keputihan dengan Mudah

mencegah keputihan

mencegah keputihan

Sebagian besar perempuan pasti mengalami keputihan. Ini adalah gangguan yang kerap terjadi dan bahkan sering dianggap wajar. Padahal, sangat penting untuk mencegah keputihan supaya tidak terjadi masalah yang lebih fatal seperti kanker. Umumnya, gangguan ini terjadi sebelum atau sesudah haid. Selain itu, ada beberapa tipe yang berbeda dari keputihan. Setiap tipe menandakan tingkat keparahan yang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan keputihan. Sebelumnya, kita perlu memahami definisi dari gangguan ini. Nama lain dari keputihan adalah Fluor Albus. Ini adalah kondisi ketika organ kewanitaan mengeluarkan cairan berlebih. Ada yang bersifat normal bahkan ada juga yang mengeluarkan cairan tidak normal. Untuk  yang pertama, gejala diawali oleh rasa gatal dan bau tak sedap. Cairan yang dikeluarkan cenderung jernih dan tidak banyak. Sementara itu, keputihan tidak normal memiliki ciri cairan kuning atau kehijauan dalam jumlah banyak. Hal ini mengakibatkan rasa gatal rasa tidak nyaman. Biasanya, perempuan yang mengalami gangguan keputihan tidak terlalu mempedulikan apalagi jika masih bersifat normal. Alasan lain ialah mereka merasa malu untuk mengutarakan keluhan kepada orang lain. Nah, jika hal tersebut dibiarkan secara berlaut-larut, dikkhawatirkan akan timbul dampak buruk yang berpengaruh pada kesehatan organ kewanitaan. Selain itu, gangguan tersebut juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

mencegah keputihan

mencegah keputihan

Keputihan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab pertama adalah jamur yang ditimbulkan akibat penggunaan zat-zat tertentu di organ kewanitaan. Sebagai contoh, penggunaan pil KB dapat menyebabkan gangguan jamur di seputar organ kewanitaan dan berujung ada infeksi. Penyebab berikutnya adalah bakteri dengan ciri warna putih dan berbau amis. Bakteri-bakteri tersebut timbul akibat perilaku seksual yang menyimpang dan berganti-ganti pasangan. Selain itu, virus juga penyebab dair keputihan. Saat berhubungan seksual, secara tidak disadari ada penularan sebagai risiko dari seks tidak sehat. Nah, ciri-cirinya ialah gatal dan luka yang melepuh pada organ kewanitaan. Parasit juga berpengaruh terhadap keputihan akibat dari pola keseharian yang tidak sehat.

Untuk mencegah keputihan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama-tama ialah merawat dan menjaga kebersihan organ kewanitaan. Berikutnya, selalu mengganti pembalut secara teratur. Pilihan celana dalam juga berpengaruh pada gangguan ini. Sebaiknya hindari penggunaan bahan ketat dan usahakan memilih yang bisa menyerap keringat. Apabila sudah mengalami gejala keputihan, segera rawat dengan pertolongan pertama. Anda bisa menggunakan obat keputihan seperti crystal X. Gunakanlah secara teratur. Setelah dua hari pemakaian, efeknya akan terasa dan organ kewanitaan akan lebih nyaman dan sehat. Obat ini juga membersihkan bakkteri-bakteri yang mengganggu di dalam organ kewanitaan. Selain itu, tidak ada efek samping dari penggunaan obat tersebut. Dalam hitungan hari, setiap gangguan akibat keputihan akan teratasi dan berangsur-angsur pulih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s