Kenali Jenis-Jenis Penyebab Keputihan Coklat

keputihan coklat

keputihan coklat

Wanita seringkali mengalami keputihan dan hampir setiap wanita pernah mengalaminya. Ada berbagai kondisi yang menyebabkan wanita mengalami keputihan. Ada dua jenis keputihan dari segi bahayanya, yaitu keputihan berbahaya dan tidak berbahaya. Keputihan berbahaya adalah keputihan abnormal yang terjadi karena infeksi, kuman, bakteri, dan gejala penyakit kelamin. Keputihan berbahaya biasnaya memiliki ciri bau tidak sedap, kadang berwarna kekuningan atau kehijauan bahkan ada keputihan coklat seperti tercampur dengan bercak darah. Keputihan tidak berbahaya merupakan keputihan normal yang seringkali terjadi. Perbedaan ini muncul karena berbagai sebab keputihan pun bervariasi.

Untuk mengenali berbagai sebab keputihan, wanita perlu mengetahui periode menstruasinya. Hal ini berkaitan dengan menstruasi normal yang seringkali dialami wanita. Keputihan normal yang biasanya berwarna jernih dan berlendir serta tidak berbau merupakan keputihan yang terjadi pada masa premenstruasi, pada saat terangsang, saat hamil, dan ovulasi. Pada masa premenstruasi terjadi perubahan hormonal yang memang wajar ketika vagina memproduksi cairan lebih. Begitu juga pada saat terangsang, vagina secara alami akan mengeluarkan cairan. Pada saat berhubungan seksual, cairan ini bermanfaat untuk mempermudah penetrasi. Ketika hamil, hormon wanita pun berlebih, tidak sama dengan sebelumnya. Pada masa ovulasi, cairan keputihan merupakan pertanda bahwa telah terjadi masa ovulasi yang menandakan bahwa wanita memasuki masa subur dan sel telur akan segera siap dibuahi.

keputihan coklat

keputihan coklat

Penyebab keputihan yang pertama adalah Nesseria Gonnorhoae yang mengakibatkan keputihan dengan ciri-ciri teksturnya kental, jumlahnya berlebih dan cenderung banyak, warnanya tidak bening tapi putih kekuningan, tidak berbau. Keputihan ini sering terjadi pada wanita yang sering berganti pasangan atau mereka yang berhubungan seksual dengan pasangan yang menderita kencing nanah yang berasal dari Gonnorhoae. Pengobatan keputihan ini tidak hanya berlaku bagi si wanita tapi juga pasangannya karena Gonnorhoae dapat menular.

Penyebab yang kedua adalah keputihan adalah Trichomonas. Keputihan ini ciri-cirinya adalah keputihan yang teksturnya encer dan berbusa. Jumlahnya sedang tapi warnanya kuning atau kehijauan. Baunya tidak enak dan ada rasa sakit yang dirasakan ketika berhubungan seksual. Biasanya keputihan ini terjadi pada wanita yang sering melakukan hubungan seksual dengan frekuensi tinggi. Selama mengalami keputihan dan menjalani pengobatan wanita penderita tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual. Keputihan ini juga sering menjadi keputihan coklat karena selama keputihan ini tetap berhubungan seksual. Warna kecoklatan merupakan campuran dengan darah. Keputihan ini dapat menjadi berbahaya jika wanita tetap berhubungan seksual sebelum sembuh.

Penyebab selanjutnya adalah Bakteriosis Vaginalis dan jamur Candida. Untuk masalah-masalah keputihan tersebut, wanita dapat menggunakan Crystal X, obat praktis untuk mengatasi keputihan dan berbagai macam penyakit kewanitaan. Crystal X penggunaannya sangat praktis karena hanya perlu dimasukkan ke dalam vagina. Bagi perawan, air rendama Crystal X cukup untuk mengobati keputihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s