Bagaimana Mengatasi Keputihan Bau?

keputihan bau

keputihan bau

Masih banyak wanita yang tidak paham bahwa keputihan merupakan masalah serius. Sebagian hanya menganggapnya sebagai masalah sepele. Keputihan dapat menjadi indikator berbagai masalah kewanitaan. Bahkan pada beberapa kasus keputihan, akibat yang fatal dapat terjadi karena penanganan keputihan yang tidak tepat, atau bahkan dibiarkan begitu saja terjadi secara terus-menerus. Biasanya keputihan berbahaya warnanya pekat, kadang menggumpal, bewarna kekuningan atau kehijauan. Keputihan bau juga merupakan pertanda abnormal. Contoh penyakit yang sering memiliki indikator keputihan adalah kemandulan dan kanker leher rahim. Jadi sebelum masalah fatal terjadi, penting bagi wanita untuk mengetahui tentang keputihan.

Ciri-Ciri Keputihan

Keputihan secara umum dapat dibagi menjadi dua, yaitu: keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis memiliki tanda-tanda khas. Keputihan fisiologis terjadi pada masa subur dan merupakan pertanda bahwa seorang perempuan telah mengalami ovulasi. Jika terjadi keputihan fisiologis, wanita dapat memanfaatkannya untuk mengusahakan kehamilan. Kadang jumlah keputihan yangkeluar cukup banyak dan berlebih tapi keputihan fisiologis tetap akan normal ketika warnanya masih jernih. Kadang putih tetapi jernih dan kadang berubah menjadi cairan seperti putih telur mentah. Keputihan fisiologis tidak menyebabkan rasa gatal pada area kewanitaan. Keputihannya pun tidak berbau.

Keputihan patologis merupakan keputihan tidak normal yang terjadi karena berbagai sebab, yaitu bakteri, jamur, protozoa, infeksi, maupun gejala penyakit kelamin. Keputihan patologis biasanya tidak berlendir. Keputihannya berupa cairan yang seringkali berwarna kekuningan atau kehijauan, seperti susu. Pada keputihan serius, kadang cairannya bercampur dengan bercak darah. Wanita seringkali mengalami keputihan patologis karena adanya kuman di dalam vagina. Vagina bukan merupakan tempat steril tetapi sangat rawan ditempati bakteri atau kuman apabila tidak dijaga dan dibersihkan secara optimal.

keputihan bau

keputihan bau

Cara Mencegah Keputihan Bau

Kondisi vagina normal adalah bersifat asam denga pH antara 3,5-5,5. Kondisi asam ini disebabkan oleh adanya jamur yang tumbuh di dalamnya. Keberadaan jamur ini memang normal dan dibutuhkan sehingga secara alami memang harus tinggal di sana. Namun, kadang ada berbagai situasi di mana pH ini tidak berada pada area normal sehingga memungkinkan tumbuhnya bakteri atau jamur lain yang sbeenarnya tidak dibutuhkan di dalam tubuh. Untuk itu, usaha untuk mencegah keputihan adalah dengan menjaga keasaman daerah kewanitaan. Selain itu, perlu dilakukan perawatan sehat dengan produk-produk yang baik. Ada banyak sabun yang ternyata tidak baik bagi area kewanitaan. Jadi pastikan sabun atau pembersih yang digunakan sehat dan asam. Wanita juga dapat menggunakan Crystal X yang secara cepat dapat menyelesaikan masalah keputihan pada wanita. Jika wanita tidak mengusahakan kebersihan area kewanitaan, akan sangat berbahaya karena berbagai kemungkinan penyakit yang muncul karena keberadaan bakteri dan jamur. Keputihan bau bisa jadi hanya pertanda awal adanya masalah yang lebih serius.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s